Baru buka di Medan: Wakala Al Maidany

4975

Baru buka di Medan: Wakala Al Maidany

Wakala adalah institusi yang melayani masyarakat dalam mendistribusikan koin Dinar dan Dirham. Wajib dimengerti bahwa Wakala bukan usaha bisnis yang mencari keuntungan, ianya hadir dalam meresponse kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan Dinar dan Dirham. Dinar adalah koin emas 22 K seberat 4,25 gram dan Dirham adalah koin Perak murni seberat 2,975 gram yang di keluarkan oleh otoritas tertentu dalam hal ini Kesultanan atau amirat di Nusantara.

Dinar Emas dan Dirham Perak pada hakekatnya dihadirkan untuk menunaikan ibadah pembayaran zakat mal yang nashnya adalah 20 Dinar yang disimpan dalam setahun wajib dikeluarkan sebesar ½ Dinar atau 200 Dirham Perak yang disimpan selama setahun wajib dikeluarkan sebesar 5 Dirham. Selain itu Dinar dan Dirham juga digunakan dalam penunaian mahar, sedekah, atau sebagai hadiah. Dalam keadaan ridha sama ridha Dinar dan Dirham dapat juga dilakukan sebagai alat tukar dalam jual beli.

Dinar dan Dirham bukan alat investasi,  sebab koin Dinar emas dan Dirham perak bukan komoditi yang diperjualbelikan. Ini yang selalu perlu dipahami, karena banyak masyarakat yang acap datang ke atau menghubungi wakala untuk menjual kembali koin.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Medan selain Wakala Medan yang beralamat di Komplek Tata Alam Asri, Jln Bakti Indah IV No 193. Kel Tanjung Gusar. Kee Medan Helvetia, Medan Kontak: Ibu Sutarmi. Hp: +62 0812 6073 040. Telah dibuka Wakala Al Maidany beralamat jln Sidorukun, Dusun Anggrek Makmur Ujung Pasar 7 Tembung. Percut Sei Tuan. Wakala ini dipimpin oleh Sidi Fakhrullah dapat dihubungi pada HP/WA +62 821-6000-2106. Barakallah, Insya Allah pelayanan untuk mewujudkan sunnah zakat dan muamalah kembali di bumi Sumatra Utara.