Ini Bukti 1400 Tahun Sedirham Perak Tetap Dapat Seekor Ayam

1452

Oleh Dr Arif Rahman Hakim

Rumah kami mempunyai halaman belakang. Di sana ada pohon pisang, pepaya, kelengkeng, rambutan, melon, dan gelombang cinta. Dan pekan ini kedatangan penduduk baru, ayam kate! Ayah saya membelinya di Pasar Gawok, Solo, seharga Rp 60.000 sepasang jantan dan betina. Kata beliau, untuk ditunjukkan kepada cucu-cucu, supaya tahu dengan ayam. Beliau sudah punya 8 orang cucu. Dan karena kami tinggal di perumahan, tidak ada ayamnya! Selain itu, sekarang kalo subuh, ada yang berkokok nyaring di rumah: Kukuruyuuuuuuk!

Dalam riwayat yang dikemukakan oleh Amir Zaim Saidi bahwa suatu ketika Khalifah Umar bin Khattab berkhutbah dengan khutbah yang panjang lebar, yang salah satu isinya:

وَلَا تَأْكُلُوا الْبَيْضَ فَإِنَّمَا الْبَيْضُ لُقْمَةٌ، فَإِذَا تُرِكَتْ كَانَتْ دَجَاجَةً ثَمَنَ دِرْهَمٍ

Dan janganlah kalian makan telor, karena telor itu satu suapan saja habis. Namun jika kamu biarkan (ditetaskan & dipelihara), maka akan menjadi ayam yang bernilai satu dirham.

HR. Ibnu Syabbah dalam Tarikh Madinah (3/797). Bisa dilihat di http://shamela.ws/browse.php/book-13086/page-1578. Riwayat ini juga dikutip Ibnu Abdil Barr dalam al-Istidzkar No. 1740 (8/390). Bisa dilihat di http://shamela.ws/browse.php/book-1722/page-3925.

Dari atsar di atas, kita ketahui bahwa di jaman old harga seekor ayam adalah satu dirham. Dan ternyata, setelah berlalu lebih dari 1.400 tahun, dengan satu dirhampun masih dapat diperoleh seekor ayam. Kurs saat ini dari Wakala Induk Bintan, 1 dirham = Rp70.000. Di Solo malah harga perekornya Rp30.000. Di daerah lain mungkin bisa lebih mahal, karena harga-harga di kota kami memang relatif lebih murah.

Itu harga ayam kate. Kalau ayam kampung, ya sekitar Rp 70.000, atau 1 Dirham per ekor!

Kekhawatiran saya (atau malah kegembiraan saya?), setelah ini ayah saya akan beli kambing untuk ditunjukkan ke 8 orang cucu-cucunya supaya tahu dengan kambing karena di perumahan tidak ada kambing! Wadhuh, bisa jadi kebun binatang nih!