Republik Catalonia, lebih dari Pernyataan [Dua]

346
  1. Keanggotaan didalam Republik

Untuk menimbulkan rasa dari keanggotaan para pemimpin harus meluruskan perilaku-perilaku dari grup. Untuk meluruskan perilaku-perilakunya adalah perlu untuk mendefinisikan rutinitas-rutinitas, yang lama dan baru, besar dan kecil, sebagai identitas-identitas dari para anggota.

Bagaimana anda menyapa satu sama lain, sampai bagaimana anda makan bersama-sama, sampai bagaimana anda menyapa orang-orang tua, bagaimana dan kapan ketika anda berkumpul dalam grup, bahkan bagaimana anda berpakaian dengan keistimewaan dalam acara-acara spesial. Mode Sans-culoties penggunaan dari celana panjang, carmagnole (mantel rok pendek), Topi merah Phrygian (topi kebebasan) dan sabot (sebuah tipe dari sepatu kayu) di antara para revolusioneraris. Kita tidak dapat mengingat kembali Revolusi Perancis tanpa mengingat concord tiga warna. Simbol-simbol adalah penting untuk membuat sebuah rasa memiliki.

Carles Puigdemont Pemimpin Sentral Catolonia

Ini berarti sebuah hubungan yang lebih besar daripada perkenalan sederhana atau keakraban. Sebuah rasa memiliki yang memperkuat perasaan positif dan hasil-hasil dalam hidup kita. Ini memiliki dampak positif pada banyak tingkatan lain: intelektual, keahlian sosial, kesehatan mental, kesehatan fisik, dan motivasi. Orang-orang yang merasakan lebih dari sebuah rasa memiliki melaporkan gejala-gejala kurang despresif dan secara signifikan  masalah-masalah perilaku yang lebih rendah daripada mereka yang melihat keanggotaan grup sebagaimana sangat penting, tetapi tidak memiliki sebuah rasa positif dari memiliki grup.

Seni adalah hati dari ‘budaya dari memiliki’. Ketika dua malam sebelum Referendum, pers Spanyol berteriak ‘penghianat’ dan ‘pemberontak’ kepada orang-orang Katalan, orang-orang Katalan menyanyikan Els Segadors di Plaza de la Catedral. Hari pell de gallina itu adalah sebuah peristiwa (Ereignes) dan hari itu adalah Els Segadors ‘mes que una canco’. Itu adalah momen ketika Katalonia telah menang. Ketika seni bukanlah sebuah bisnis, apalagi sebuah instrumen dari satu ideologi, tetapi tidak memiliki tujuan selain daripada menjadi seni, kemudian ini menjadi sebuah Peristiwa yang mengubah arti dari segalanya yang berhubungan dengan kehidupan manusia. Wagner telah menjelaskannya di dalam “Seni dan Revolusi” :

 

Atau, begitulah, Seni masuk untuk melayani satu atau beberapa gagasan abstrak atau bahkan konvensi yang, yang sekarang lebih ringan dan sekarang lebih berat, terbebani oleh kemanusiaan dan dilemparkan ke dalam belenggu kebebasan baik individu maupun masyarakat. Tapi tidak pernah lagi ia merupakan ekspresi bebas dari komunitas bebas. Namun, seni sejati adalah kebebasan tertinggi, dan hanya kebebasan tertinggi yang bisa membawanya keluar dari dirinya sendiri; Tidak ada perintah, tidak ada tata cara, singkatnya, tidak ada tujuan selain Seni, yang bisa memanggilnya untuk bangkit.

Ketika seni adalah ekspresi dari rakyat, ini mencakup seluruh aspek kehidupan, termasuk politik, produksi, perdagangan, arsitektur, mode, pertanian, memasak, dan bahkan pernikahan. Politik tidak dapat membuat seni. Sebaliknya seni adalah politik. Di dalam kesatuan integral dari seni sejati dengan rakyat, memiliki menjadi tujuan umum: hati menjadi lebih dekat.

Di antara semua simbol-simbol yang menciptakan keanggotaan tidak ada yang berdiri lebih besar daripada mata uang. Penciptaan dari sebuah koin republikan sejati, terbuat dari emas atau perak, dapat diperkenalkan sebelum memperoleh kemerdekaan. Ini adalah karena semuanya dibutuhkan untuk menciptakan uang alternatif adalah sebuah keinginan keanggotaan yang mau menerima koin-koin ini. Juga, karena mereka berdasarkan atas komoditas sejati nilai mereka dipertahankan yang tidak mempedulikan dari jumlah penggunanya. Koin republikan dapat dinamakan setelah dinero atau mancuso yang dicetak oleh Count Ramon Borrell (992-1015) berdasarkan dari dinero (denarius) daru Carlomagne yang dicetak di Barcinona, Inpurias dan Rodda oleh penerusnya Luis, yang alim (814-840) setelah ia menaklukkan Barcelona pada tahun 801. Apa pun namanya yang terpenting adalah simbol. Membuat sebuah koin Republik adalah seni yang membebaskan.

  1. Kepedulian didalam Repubik

Di sana tidak ada keanggotaan tanpa kepedulian dari para anggotanya sendiri: “semua untuk satu, satu untuk semua”. Ini adalah untuk memilih yang lain ketimbang saya sendiri. Untuk peduli adalah kebutuhan dari yang lain adalah kondisi yang menandakan kedewasaan dari masyarakat. Sebelum ini disadari, masyarakat tetap kekanak-kanakan. Kepedulian bukan sebuah hak yang disediakan oleh institusi-institusi. Kepedulian adalah sebuah suara di dalam diri kita yang menghubungkan kita kepada kebutuhan-kebutuhan dari mereka yang bergantung atau rentan atau mereka yang berbeda daripada kita. Kepedulian adalah sikap terhadap kehidupan. Ini adalah sifat kebangsawanan. Republik harus menjadi republik dari kepedulian.

Kepedulian bukan sebuah etika deontologis atau utilitarian, bukan juga sebuah kewajiban agama, tetapi seni dari kehidupan. Ini adalah sebuah seni karena ini berasal dari tidak mementingkan diri sendiri, dan ini hidup karena wawasannya adalah urusan yang tidak mati dari napas didunia. Ekspresi dari kepedulian bukanlah rumah sakit dan panti asuhan yang mana juga penting, tetapi untuk merasakan orang-orang dengan hati kita. Hati tidak menghakimi, tetapi dihakimi.

Hati tidak menilai, tetapi ini merenungkan dengan kebingungan, seperti seseorang yang terpukau oleh sebuah lukisan dari Velazquez di sebuah museum. Di dalam momen perenungan, hati membuka kepada yang tidak diketahui, kepada yang tidak kelihatan. Sebuah hati yang terlatih adalah seseorang yang mengetahui seni dari membawa yang tidak kelihatan menjadi kelihatan. Jika anda mempertimbangkan bahwa bagian seni yang paling hebat adalah manusia, anda tidak akan pernah berhenti pada bentuk-bentuk indrawi ketika anda berinteraksi dengan manusia yang lain. Anda akan menahan penilaian anda, anda akan berempati, dan jika anda benar-benar berbudi luhur, anda akan kagum ke dalam wujud luas yang tidak kelihatannya. Empati menghasilkan perhatian. Perhatian bersama adalah batu bangunan dari sebuah masyarakat. Kepedulian adalah hasilnya.

Ketika orang merdeka peduli, ia berhenti untuk mengklaim kemerdekaan dan menjadi sebuah pengumpul dari orang-orang, sebuah pembentuk – komunitas, seseorang yang menciptakan komunitas. Ia berhenti untuk menjadi merdeka dan menjadi mandiri dalam dirinya sendiri, dalam setiap perbuatan yang ia lakukan, setiap napas yang ia ambil. Kepada kalian yang menginginkan kemerdekaan, orang-orang spanyol yang takut akan kemerdekaan dari Katalonia bukanlah musuh kalian karena orang-orang spanyol tidak dapat menantang kalian. Jika ia melakukan hal tersebut anda belum menemukan diri Anda sendiri. Jika anda bebas dari diri anda sendiri, anda akan menemukan anda bebas dari dirinya, dan kemudian, … Anda dapat peduli kepadanya. Jika anda melakukannya, jika anda mendengarkannya, jika anda membuka hatimu kepadanya, secara tak terhindarkan ia akan tertarik kepada dirimu.

Kepedulian bukanlah sebuah urusan dari pikiran, tetapi urusan dari hati. Peduli membuat sebuah republik yang mana peduli.

 

  1. Pasar-pasar dalam Republik

Tidak ada yang dapat berubah jika di sana tidak ada perubahan di dalam struktur-struktur setiap hari dari masyarakat. Kita sering kali fokus kepada hal-hal yang salah, tetapi kurang usaha yang diberikan kepada apa yang benar. Saya sangat anti-kapitalis, tetapi saya tahu bahwa anti-kapitalisme hanya logo dari sebuah filosofi kekalahan. CUP adalah partai di Katalonia yang mana dengan penuh semangat dan dengan jelas mengekspresikan anti-kapitalismenya. Tetapi fokus harus di dalam bagian dari program mereka yang menyatakan:

Pembentukan mekanisme kontrol rakyat terhadap ekonomi dan pengembangan kebijakan efektif yang menjamin kesetaraan dan kesempatan yang sama.

Pasar umum adalah ekspresi struktural dari kontrol rakyat dari ekonomi dan garansi efektif untuk kesetaraan dan kesempatan yang sama. Pasar umum berarti sebuah tempat pasar umum yang dimiliki oleh rakyat, gratis sewa, gratis dari reservasi atau pembatasan, di mana semua orang dapat berjual-beli. Sebuah pasar umum bukanlah yang kita sebut mercat public di Barcelona hari ini, itu adalah, sebuah mall kecil untuk beberapa pedagang lokal istimewa, tetapi sebuah tempat yang cukup besar dan selalu bertumbuh, untuk menjamin kesempatan untuk berdagang kepada siapa pun yang berkeinginan. Barcelona adalah sebuah kota dari pasar-pasar umum, tetapi tidak hari ini. Ini berati bahwa supaya menjamin kebajikan dari kompetisi murni, pasar umum harus selalu tempat gratis yang selalu tersedia. Menjadi umum berarti, pasar tidak boleh diprivatisasi.

Poster dukungan oleh Irlandia di jalan Kota Belfast

Pasar-pasar umum adalah setua masyarakat itu sendiri. Mereka ditemukan di setiap peradaban di seluruh dunia: tempat forum di Roma, tempat Agora di Yunani, atau Suq di Al-Andalus. Model ini adalah yang bertentangan secara ekstrim dengan supermarket atau hypermarket (Alcampo, Carrefour, dll), dimana satu pemilik menguasai semua perdagangan. Restorasi dari pasar umum adalah kondisi yang paling penting untuk demokrasi ekonomi. Sekali kita membebaskan pasar, kita dapat membebaskan distribusi dengan restorasi dari jaringan distribusi terbuka atau karavan-karavan, dan restorasi dari model produksi terbuka dari gilda-gila.

Proudhon telah menulis di dalam General Idea of the Revolution (Ide umum dari Revolusi)

Saya percaya dalam perdagangan bebas, bahkan tanpa timbal-balik, sebagai sebuah konsekuensi dari penghapusan dari bunga bank, bukan sebaliknya.

Perdagangan bebas (dengan timbal-balik, berarti kita memajaki mereka yang memajaki kita) dan penghapusan dari bunga bank, ini adalah pemilik-pemilik dasar dari anarkisme. Apa yang memisahkan anarkisme dari sosialisme liberal bahwa yang kemudian telah menghapuskan perdagangan untuk kepentingan monopoli-monopoli (supermarket) dan mereka telah menganut bunga bank (riba). Di sana tidak ada perdagangan bebas tanpa pasar-pasar gratis dan di sana tidak ada kerusakan yang lebih hebat kepada masyarakat daripada praktek dari riba, bahkan di dalam bentuk modern dari sistem perbankan.

Ini penting untuk memahami perbedaan antara pasar bebas sebagaimana yang dipahami dalam kultur kapitalis dan apa yang sebuah pasar bebas sesungguhnya dalam kultur tradisional. Ironisnya pasar bebas tradisional atau pasar rakyat secara utuh dihapuskan di dalam yang di-sebut kapitalisme perdagangan bebas. Pasar rakyat berdiri sebagai fondasi dari sebuah masyarakat merdeka. Pasar rakyat ketika dibuka ke dunia adalah sebuah institusi yang mampu untuk mengeliminasi pengangguran selamanya. Pasar rakyat memberikan kesempatan bisnis kepada semua orang yang berniat dengan persyaratan minium dan tidak ada biaya apa pun juga.

Tidak ada Pasar Rakyat tanpa alhondiga nya. Alhondiga adalah sebuah institusi Iberia yang luar biasa, sebuah bagian dari pasar yang direservasi untuk para pedagang asing. Terima kasih kepada alhondiga, pasar rakyat tidak hanya dapat diakses oleh para pedagang lokal tetapi kepada seluruh dunia. Institusi ini juga dikenal sebagai kafilah di Asia atau funduq di Arab, adalah kunci menuju kesuksesan dari Rute-rute Perdagangan. Pentingnya dari kafilah dan rute-rute perdagangan adalah secara dipertimbangkan kembali di Asia karena dampak negatif dari monopoli-monopoli perusahaan global yang mengancam kemerdekaan dari keanekaragaman dari dunia dagang. China sekarang membangun sebuah Jalur Sutra baru seharga 1-Triliun dollar dari Beijing sepenuhnya menuju Spanyol, dan mudah-mudahan melalui Barcelona.

  1. Mengekspor Republik

Usaha dari Republik tidak dapat berakhir di Katalonia, tetapi ini harus menggapai seluruh Spanyol. Mengekspor revolusi berarti untuk mengekspor kepercayaan kita, inisiasi, keanggotaan, kepedulian, dan pasar-pasar. Spanyol membutuhkan nya sebanyak seperti Katalonia. Sebuah republik dari Spanyol adalah republik dari Katalonia yang meluas. Ini tidak berkurang untuk Katalonia, ini bertambah.

Dalam rangka untuk melakukan itu, menjadi penting untuk berkomunikasi dengan orang-orang berpengaruh dan para pemimpin alami di masyarakat Spanyol dan dalam cara jujur dan terbuka mempresentasikan tujuan-tujuan dan misi dari pergerakan kita. Sama pentingnya adalah untuk menggapai rakyat Spanyol memulai dengan sebuah penyusunan jaringan dari Pasar-pasar Rakyat di Spanyol: kolonisasi republikan damai dari Spanyol melalui perdagangan. Yang berlawanan terhadap kita hanya adalah para supermarket, dengan kita akan orang-orang banyak yang menunggu untuk kerja yang dengan sistem sekarang tidak dapat menyediakan.

Madrid akan menjadi tempat yang bagus untuk memulai: Pasar Terbuka dari Barcelona merangkul dengan Pasar Terbuka dari Madrid, dengan para kafilah yang bergerak maju dan mundur, mengizinkan para produsen dan pedagang dari kedua kota untuk menggapai alhondiga dari setiap pasar rakyat satu sama lain.

Bagaimana jika Republik Katalonia dapat menawarkan pekerjaan-pekerjaan kepada para pengangguran orang-orang spanyol? Kita dapat memperoleh orang-orang Spanyol dengan kebijakan dan kepedulian: mengajukan kepada mereka dalam kepercayaan kita dan berbagi dengan mereka ke dalam Republikan asabiyah. Mengirimkan bantuan langsung kepada mereka yang membutuhkan, tetapi yang lebih penting lagi mengirimkan orang-orang yang dapat peduli. Dan kemudian lebih banyak pasar-pasar, lebih banyak pekerjaan-pekerjaan, lebih banyak kafilah-kafilah. Seberapa lama semua ini membutuhkan sebelum kita dapat melihat sebuah Republik Spanyol tidaklah penting, karena prosesnya adalah Republik.

Dinero Republikan dapat menyebar ke seluruh Eropa dengan menawarkan sebuah sistem pembayaran digital emas sebagai sebuah alternatif kepada mata-mata uang sekarang yang terus merosot yang mana terikat kepada kegagalan pasti dari Dollar Amerika Serikat. Peluncuran baru-baru ini dari Yuan China yang dapat ditukar ke emas membuka sebuah gerbang untuk restorasi uang sebenarnya di dalam dunia setelah dollar didalam yang mana Katalonia dalam memainkan sebuah peran yang signifikan dengan Dinero Republikan berserta China dan Russia. Dinero Republikan akan mengembangkan perspektif-perspektif baru dari kemerdekaan dan demokrasi ekonomi yang rakyat tidak tahu.

Ucapan Terakhir

Moto dari Raja-raja Katolik adalah “tanto monta, monta tanto”. Ini berarti “Isabella dan Fernando jumlahnya sama”. Persatuan Spanyol telah dibangun atas kesetaraan dan kerjasama daripada dominasi dari satu atas yang lainnya.

Orang-orang Spanyol tidak menyadari dari perbedaan-perbedaan internal kita. Sebuah pemungutan suara baru-baru ini telah menunjukkan bahwa 57% dari orang-orang Spanyol setuju untuk sebuah pemilihan dari penentuan nasib sendiri di Katalonia, seperti cara dari Skotlandia dan Quebec. Jalan yang membawa urusan dari penentuan nasib sendiri menuju sebuah resolusi sukses di dalam Parlemen Spanyol yang tidak terlalu sulit. Sebuah reformasi dari konstitusi Spanyol adalah yang menyetujui oleh sebagian besar dari partai-partai nasional yang dipimpin oleh Podemos dan PSOE, tetapi juga PP dan Ciudadanos. Di situ ada sebuah jalan.

Katalonia telah menunjukkan pada satu Oktober lalu resolusi mereka untuk mengubah hubungan mereka dengan Spanyol. Pemerintahan lemah dari Rajoy harus menggunakan kekuatan dari Hukum dalam rangka mengontrol situasi, tetapi hanya sementara. Pemilihan suara baru di Katalonia yang direncanakan pada tanggal 21 Desember bukanlah sebuah kekalahan untuk para pejuang kemerdekaan tetapi sebuah kesempatan untuk memposisikan ulang strategi mereka. Jika JxSi (CDC, ERC, DC dan MES) dan CUP bergabung dalam sebuah koalisi republikan tunggal mereka akan kemungkinan memperoleh mayoritas lagi di dalam Generalitat. Kemudian sebuah Hoja de Ruta baru seharusnya didesain. Ini adalah beberapa saran untuk dipertimbangkan.

Tiga horison yang memungkinkan:

  1. Sebuah Republik di Catalonia de facto (jangan menunggu sampai de jure). De facto berarti Generalitat memiliki rakyat, ketika Spanyol hanya dapat berharap untuk mengontrol informasi rakyat. Generalitat memiliki pendidikan dan TV3, cukup untuk mencetuskan semua perubahan-perubahan. Dengan kepemimpinan dari Generalitat, rakyat dapat menciptakan sebuah mata uang baru, rakyat dapat meninggalkan perbankan dan menciptakan institusi-institusi penyimpanan dan pembayaran mereka sendiri, rakyat dapat menciptakan pasar-pasar mereka sendiri, rakyat dapat mengontrol ekonomi mereka sendiri.
  2. Republik Federasi Iberia dari Negara-negara Independen: Navarre (termasuk Euskadi), Katalonia, Portugal, dan Spanyol. Untuk memasukkan Portugal berarti untuk melewati nasionalisme Spanyol dalam mendukung sebuah kelebihan daripada sebuah kekurangan.

 

  1. Persatuan Moneter Latin Kedua (meninggalkan Euro): Iberia, Perancis, Italia, (kemungkinkan Belgia, Swiss, dan Yunani). Ini adalah satu yang sukses, ini dapat dilakukan lagi. Tetapi kali ini kita mengetahui apa yang tidak kita pahami sebelumnya: tidak ada pertukaran tetap antara emas dan perak, dan tidak ada sistem perbankan.

Tiga barisan politik serentak:

  1. Reformasi dari Konstitusi Spanyol
  2. Referendum untuk sebuah Republik Federasi Spanyol dari Negara-negara Independen.
  3. Pengenalan dari hak penentuan nasib sendiri untuk Katalonia dan bangsa Basque.
  4. Penyertaan dari Portugal didalam sebuah kemungkinan Federasi Iberia
  5. Membangun asabiyah di rumah
  6. Kepercayaan, Inisiasi, Keanggotaan, dan Kepedulian
  7. Pasar-pasar dan dinero di setiap kota.
  8. Membangun sebuah semangat Republik di Spanyol
  9. Jaringan dari 25 pasar-pasar rakyat diseluruh Spanyol. Tujuan: 1,000,000 pekerjaan-pekerjaan baru.
  10. Rute-rute perdagangan Iberia dengan alternatif dinero Republikan.
  11. Bergabung dengan Inisiatif Jalur Sutera.

Katalonia tidak dapat memperoleh kekuasaan dari Spanyol, tetapi dari dirinya sendiri. Kekuatan dari Republik adalah Republik itu sendiri. Spanyol hanya sebuah cermin dimana kita melihat diri kita sendiri. Spanyol adalah apapun yang kita inginkan untuk menjadi. Jika di hati kita ada ketakutan kita akan melihat sebuah Spanyol yang menakutkan. Jika di hati kita ada harapan kita akan melihat sebagai sebuah Spanyol yang penuh harapan. Ada sebuah perbedaan fundamental antara apa itu Pemerintahan Spanyol dan siapa rakyat Spanyol. Rakyat Spanyol adalah ibu-ibu, saudara-saudara, sepupu-sepupu, paman-paman, para rekan bisnis, para tetangga, para klien, teman-teman, para teman seperjuangan, dll. kepada banyak orang-orang Katalan. Mereka membutuhkan kebebasan sebagaimana mereka yang di Katalonia.

 

Saya percaya apa yang telah lahir pada Satu Oktober adalah Republik Spanyol. Ini harus dilihat sebagai cakrawala untuk sebuah agenda baru: sebuah agenda yang rakyat Spanyol tidak dapat menolak, sebuah agenda yang merayakan orang-orang atas struktur-struktur, dan sebuah agenda yang selalu bertumbuh.

 

Catatan Tambahan

V: Maukah anda … berdansa dengan saya?

Evey Hammond: sekarang? Pada malam revolusi Anda?

V: Sebuah revolusi tanpa menari adalah sebuah revolusi yang tidak berharga!

V untuk Vendetta

 

 

“Kemarin saya pandai, jadi saya ingin mengubah dunia.

Hari ini saya bijak, jadi saya mengubah diri saya sendiri. ”

Rumi

 

Karya Tulisan Syakh Umar Vadillo

Sumber Tulisan di website Syakh Dr. Abdalqadir As-Sufi : http://www.shaykhabdalqadir.com/

Diterjemahkan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia oleh Muhammad Bayu Andika