Tantangan 10 Tahun Dirham Perak

2154
Dirham Keluaran Kesultanan Nusantara

Hari-hari ini sedang marak di medsos “Tantangan 10 Tahun” atau “Ten Years Challnege”. Seorang dokter di Solo, dokter ARif Rahman Hakim, menjawab tantangan itu dengan caranya sendiri. Tidak seperti orang kebanyakan yang menampilkan foto masing-masing, membandingkan penampilan hari ini dan sepuluh tahun lalu, dokter Arif menampilkan foto koinh dirham yang dibandingkanh dengan uang kertas rupiah, bukan soal tampilannya, tapi daya belinya!

Pada 2009, sekeping dirham bernilai Rp 30.000. Sepuluh tahun kemudian, 2019, berniloai Rp 70.000. Dan bila dibelikan seekor ayam maka akan tetap mendapatkan seekor ayam yang sama. Sementara rupiahnya tinggal separuhnya.

Bahkan dalam 1400 tahun sekalipun, nilai dirham perak tetap sama. Di zaman Rasul SAW 1 dirham dapat dibelikan 1 ekor ayam. Hari ini pun masih dapat 1 ekor ayam.

Mau lebih lama lagi? Bahkan d zaman yang tak begitu kita ketahui, tapi dikabarkan dalam Al Qur’an, di masa Ashabul Kahfi, 1 dirham pun dapat dibelikan (makanan yang setara) seekor ayam!

Demikianlah  salah satu kekuatan dan keunggulan dirham perak.